Selamat Datang di Website Sekolah MA Insan Cendekia Bengkulu Tengah

Guru Kimia MAN IC Benteng Ikuti Pelatihan Guru Kimia di ITB

Bengkulu Tengah – Dalam rangka “2016 Chemistry Nobel Laureate Ben L. Feringa visit to ITB”, Prodi Kimia ITB gelar Pelatihan Guru Kimia SMA/MA/SMK se-Indonesia dengan tema “Meneropong Keajaiban Alam Materi Lewat Kimia: dari Atom, Molekul hingga Nano partikel”, Rabu (04/03).

Pada kesempatan kali ini salah satu guru MAN Insan Cendekia Bengkulu Tengah (MAN IC Benteng) turut serta dalam kegiatan tersebut. Raidatul Fannyda, S.Pd merupakan salah seorang guru Kimia MAN IC Benteng yang menjadi utusan dari Madrasah pada kegiatan Pelatihan Guru Kimia ini.

“Pelatihannya sangat menarik sekali, pemateri-pemateri yang hadir memberikan wawasan baru seputar Kimia, kami sebagai guru Kimia sangat antusias terlibat dalam kegiatan demikian”, Ujar Raidatul Fannyda, S.Pd.

Pelatihan Guru Kimia kali ini terdapat beberapa materi yang diisi oleh ahli-ahli ternama di bidangnya, diantaranya ialah Pelatihan Pratikum Interaksi Zat Kimia dalam Larutan Air yang dipandu langsung oleh Prof. Dr. Djulia Onggo.

Kegiatan pelatihan Guru Kimia ini juga diisi dengan kunjungan ke Pusat Penelitian Nanosains dan Nanoteknologi (PPNN), dilanjutkan dengan Pelathian Kelompok bersama Prof. Dr. Titik Taufiqurrohmah, M.Si., yang merupakan Dosen Universitas Negeri Surabaya, lalu Materi Penampakan Karakter Materi dari Sifat dan Perilaku Partikelnya yang disampaikan oleh Dr. Muhammad Abdulkadir Martoprawiro.

Terakhir para peserta disuguhkan materi yang terkini yakni tentang Virus Corona yang di sampaikan oleh Dr. M. Ikhlasul Amal dalam rangkaian materi Nanoteknologi: Teknologi Liliput dengan Dampak Raksasa.

“Virus Corona berdiameter antara 60 – 140 nm yang masih akan bisa melewati pori-pori masker yang digunakan oleh masyarakat saat ini. Maka, tidak seharusnya ada kejadian memperebutkan masker yang jelas belum tentu dapat menangkal serangan Virus Corona tersebut”, terang Dr. M. Ikhlasul Amal yang juga merupakan Peneliti Nanoteknologi di LIPI.

Kepala Madrasahpun mengapresiasi ikut sertanya salah satu guru MAN IC dalam kegiatan ini, selain menambah wawasan/skill sebagai guru Kimia, kegiatan ini dapat dijadikan ajang menyambung silaturahmi antar guru Kimia se-Indonesia.

“Saya mengapresiasi Ibu Fanny (Guru Kimia) yang turut serta dalam kegiatan seperti, kegiatan ini dapat menambah skill beliau sebagai guru Kimia dan wadah silaturahmi Guru Kimia se-Indonesia dan juga dapat membangun jaringan diantaranya. Semoga ilmu yang di dapat bisa di  bagikan pula kepada siswa/i MAN IC Benteng”, Ujar Imam Ghozali, M.Pd. (Dicky/Humas MAn IC Benteng)