Guru dan Siswa MAN Insan Cendekia Bengkulu Tengah Ikuti Pelatihan Pratikum Kimia

Bengkulu Tengah- Dalam rangka membekali tenaga pendidik, tenaga laboran dan sejumlah siswa, Universitas Bengkulu melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat mengadakan Pelatihan Pratikum Kimia di MA Mambaul ‘Ulum Bengkulu Tengah, Sabtu (05/10/2019).


Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan mutu Tenaga Pendidik atau Laboran serta Siswa yang nantinya akan menjadi tutor di sekolah masing-masing. Pada kesempatan kali ini dua madrasah berkesempatan mengikuti kegiatan tersebut, MAN Insan Cendekia Bengkulu Tengah dan MA Mambaul ‘Ulum yang juga merupakan sekolah mitra dari Universitas Bengkulu pada program tersebut.


Adapun jumlah peserta yang mengiikuti kegiatan tersebut berkisar puluhan peserta, yakni guru dan siswa yang berasal dari kedua Madrasah tersebut. Antusiasme mereka cukup diapresiasi. Selain melaksanakan uji coba pratikum kimia, pihak Universitas Bengkulu yang diketuai oleh Sal Prima Yudha S dalam program tersebut juga memberikan beberapa perangkat di akhir kegiatan pada masing- masing sekolah.


“Pelatihan ini tentu diharapkan menjadikan tenaga pendidik atau laboran di MAN IC Benteng dan MA Mambaul ‘Ulum dapat menerapkannya di sekolah masing-masing, kami juga memberikan beberapa perangkat Pratikum Kimia ini pada sekolah tersebut agar dapat mendukung kegiatan pratikum di sekolah masing-masing” Terang Sal Prima Yudha S, Dosen Kimia Universitas Bengkulu.


Raydatul Fannyda, S.Pd., Guru Kimia MAN IC Benteng juga turut mendampingi siswanya pada kegiatan tersebut, beliau mengapresiasi kegiatan tersebut dan bersyukur mendapatkan hibah beberapa perangkat pratikum dari Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Bengkulu.


“Kegiatan tersebut sangat positif, terlihat siswa antusias dalam melakukan uji coba pratikum kimia, ini tentu akan menjadi motivasi tersendiri bagi siswa untuk lebih menyukai mapel ini. Serta kami sangat bersyukur dan berterima kasih mendapatkan hibah perangkat pratikum, sehingga nantinya akan kami pergunakan sebaik mugkin dalam proses belajar mengajar kimia di MAN IC Benteng” Ujar Raydatul Fannyda, S.Pd yang juga merupakan pembimbing siswa MAN IC Benteng yang berhasil menjadi finalis pada ajang Kompetisi Sains Madrasah Nasional Manado September lalu.


Dalam kesempatan ini, Taufik Akbar peserta Pelatihan Pratikum Kimia dari MAN IC Benteng mengatakan bahwa ia merasa sangat senang dan merasa semangat untuk melakukan uji coba dalam pratikum kimia.


“Alhamdulillah kegiatan hari ini sangat menyenangkan bagi saya dan teman-teman, kami mendapatkan pendampingan dalam melakukan uji coba pratikum kimia, kami menyukai kegiatan pratikum ini, kami berharap pelajaran kimia akan semenyenangkan ini kedepannya” Terang Taufik Akbar Siswa Kelas X MAN IC Benteng. (Humas MAN IC Benteng)