Guru dan Siswa MAN Insan Cendekia Bengkulu Tengah Ikuti Pelatihan Robotik

Bengkulu Tengah-  Bertempat di salah satu ruang belajar Kampus MAN Insan Cendekia Bengkulu Tengah, 20 Agustus 2019 telah diadakan kegiatan Pendampingan Kapasitas Teknis Laboratorium Terpadu yang diselenggarakan oleh Universitas Bengkulu melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat.


Kegiatan ini diikuti oleh beberapa guru dari MAN IC Bengkulu Tengah dan MA Mambaul Ulum, serta beberapa siswa yang tergabung dalam ekstrakurikuler Robotik. 


Sal Prima Yudha S. Selaku penanggungjawab kegiatan tersebut yang sekaligus merupakan dosen Kimia Universitas Bengkulu mengungkapkan, bahwa kegiatan tersebut merupakan bagian dari upaya pendampingan peningkatan kapasitas teknis pengelola laboratorium, yang salah satu bentuk kegiatannya adalah Pelatihan Robotik.


"Dalam rangka pengabdian masyarakat sebagai tugas dari dosen dalam sebuah lembaga Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Universitas Bengkulu. Kegiatan ini memberikan informasi terkait robotik itu sendiri. Peserta pelatihan diajak untuk mengetahui komponen-komponen dari sebuah robot dan kami mengajak peserta  untuk terlibat dalam merakit sebuah robot. Pelatihan ini diikuti kurang lebih 20 peserta yanga terdiri dari guru MAN IC Benteng dan MA Mambaul Ulum dan beberapa siswa yang mengikuti ekstrakurikuler robotik", Ujar Sal Prima Yudha S Dosen MIPA Universitas Bengkulu. 


Kegiatan yang berlangsung kurang lebih sekitar tujuh jam tersebut diikuti oleh peserta dengan penuh antusias. Selain menarik, kegiatan ini juga sangat bermanfaat dalam pengenalan dasar peserta tentang proses perakitan robot.


"Kegiatan Pelatihan Robotik ini sangat menarik disamping kami di ajarkan tentang pemrograman robotik, kami (peserta) serta guru juga diberi kesempatan untuk merakit sebuah robot". Ujar Dimas Purwanto Siswa MAN IC Benteng yang berasal dari Sarolangun Provinsi Jambi. (Humas MAN IC Benteng).